Bersama PLN Nusantara Power, Lintas Sektoral Kecamatan Benjeng Tanam Rumput Vetiver Sepanjang Kali Lamong - Gerbang Nusantara News

20 Juni 2024

Bersama PLN Nusantara Power, Lintas Sektoral Kecamatan Benjeng Tanam Rumput Vetiver Sepanjang Kali Lamong


Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com

Kali Lamong yang kerap terjadi pendangkalan disebabkan abrasi tanggul  yang menjadi penyebab melubernya air (banjir) saat curah hujan tinggi menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Gresik dan tindakanpun sudah dilakukan yakni normalisasi sepanjang Kali Lamong termasuk saat ini melalui pemerintah kecamatan Benjeng melakukan penanaman rumput vetiver guna mencegah terjadinya abrasi dan banjir.

Penanaman yang dipusatkan di sepanjang Kali Lamong (desa Deliksumber dan Bulangkulon) Kamis, 19 Juni 2024 tersebut, pemerintah kecamatan Benjeng kerja bareng PLN Nusantara Power serta lintas sektoral (Forkopimcam beserta jajaran, Dinas/ Instansi yang ada di Kecamatan Benjeng, AKD, Ormas dll.)

VIDEO KEGIATAN 

Camat Benjeng Nurul Fuad
kepada wartawan GNN gerbangnusantaranews.com, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai kelanjutan dari tahun sebelumnya.

Ia juga menjelaskan kenapa rumput vetiver sebab tumbuhan ini mudah tumbuh, memiliki akar yang cukup lumayan panjang (4-5 meter), serta jika sudah tumbuh subur tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Pada kesempatan tersebut Nurul Fuad juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan ini diantaranya kepada PLN Nusantara Power selaku penyedia bibit tanaman serta semua pihak yang ikut berpartisipasi saat penanaman (Kapolsek AKP Alimin Tunggal beserta anggota, Anggota Koramil, AKD Benjeng, Pemdes Deliksumber dan Bulangkulon, Dinas/Instansi, Ormas yang ada di kecamatan Benjeng).

Selain itu Nurul Fuad juga mengajak masyarakat untuk ikut peduli (merawat) tanaman ini agar sesuai harapan dan manfaatnya supaya bisa dirasakan bersama , ajaknya sembari berpesan agar masyarakat juga tidak membuang sampah sembarangan sebab hal  tersebut bisa menyebabkan terhambatnya aliran air.

VIDEO KEGIATAN 

Sementara Irfan Ardiansyah manager pemeliharaan PLN Nusantara Power Cabang Gresik mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk komitmen untuk membantu masyarakat terkait lingkungan, dan perlu diketahui bahwa PLN Nusantara Power sudah ada MoU selama 4 tahun dengan Pemerintah Kabupaten Gresik (khususnya kecamatan Benjeng), salahsatunya yakni penanaman rumput vetiver pinggiran sungai, jelasnya sembari mengatakan bahwa MoU ini terus berjalan sampai tahun 2026 sehingga penanaman bisa kita teruskan.

Ia juga mengatakan insya Allah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, Ia juga berharap kepada masyarakat untuk bisa bekerjasama dalam merawatnya sehinggga keberlangsungannya bisa terjamin.

Di penghujung kegiatan Sekcam Benjeng Sudarmanto atas nama pemerintah Kecamatan Benjeng menyampaikan ungkapan terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan penanaman rumput vetiver saat ini. (WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda